Friday, June 17, 2016

Khasiat kandungan dan manfaat bawang putih

Khasiat kandungan dan manfaat bawang putih

Khasiat kandungan dan manfaat bawang putih, Bawang putih banyak sekali ditemukan dalam bumbu masakan. Baik masakan tradisional ataupun masakan ala luar negeri, selalu menggunakan bawang putih untuk penikmat rasa dan sebagai penambah harum dalam masakannya.
Keberadaan bawang putih tidak bisa dipandang sebelah mata hanya untuk kenikmatan rasa masakan semata, tetapi juga memiliki banyak khasiat. Banyak orang yang tidak menyadari akan pentingnya memakan bawang putih untuk kesehatan tubuh kita, maka seringkali kita melihat sisa-sisa irisan bawang putih di pinggiran piring yang tidak dimakan. Mungkin sebagian orang tidak terlalu menyukai rasa bawang putih. Banyak trik yang dilakukan pada koki handal dalam menyembunyikan keberadaan bawang putih di dalam masakannya. Misalnya dengan menghancurkan bawang putih tersebut sampai halus, mengirisnya dengan sangat tipis, ataupun mencampurkannya di dalam bumbu yang gurih sehingga rasa dan aroma bawang putih tersebut tidak terlalu menyolok.

Kandungan kimia bawang putih

Bawang putih sejak dulu telah dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat. Komponen yang memberikan khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh adalah Allicin. Sebuah hasil penelitian menunjukkan Allicin dapat membantu menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan yang terdapat dalam umbi bawang putih per 100 gram adalah protein sebesar 4,5 gram, lemak 0,20 gram, hidrat arang 23,10 gram, vitamin B 10,22 miligram, vitamin C 15 miligram, kalori 95 kalori, posfor 134 miligram, kalsium 42 miligrain, besi 1 miligram dan air 71 gram. Selain itu umbi bawang putih mengandung zat aktif antara lain adalah S-allysistein dan S-allymercapto-L-sistein, allyl disulfida, allicin, alliin, fitosterol, dan belerang.

Khasiat bawang putih


  1. Bawang putih mempunyai sifat antimikroba, antiarthritis dan antitumor.
  2. Menghambat kelemahan otak dan sistem kekebalan
  3. Membantu menghambat proses penuaan dini
  4. Menghambat pertumbuhan sel kanker. Potensi bawang putih sangat baik untuk mencegah dan mengobati kanker. Kandungan S-allysistein dan S-allymercapto-L-sistein berkhasiat sebagai antioksidan yang kuat.
  5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih membantu mencegah penggumpalan darah
  6. Bawang putih membantu mengurangi stress, kecemasan, dan depresi
  7. Bawang putih mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, potassium, antioksidan, karoten dan selenium
  8. Mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan terhindar dari penyakit jantung
  9. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
  10. Membantu mengobati tukak lambung
  11. Bawang putih juga baik untuk menurunkan kolesterol darah yang bisa menjadi faktor terjadinya aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah.
  12. Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes
  13. Mengatasi radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh
  14. Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) melindungi tubuh dari berbagai penyakit
  15. Membantu menambah nafsu makan apabila dimakan mentah
  16. Menjaga stamina tubuh
  17. Pria mengonsumsi bawang putih hingga 10 gram sehari, mengurangi resiko terkena kanker prostat hingga 50% lebih rendah dibanding yang mengonsumsi lebih sedikit.
  18. Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.

Bawang putih dapat dikonsumsi segar maupun dicampur dalam masakan. Jika tidak tahan terhadap bau bawang puting maka sebaiknya dibuat dalam bentuk ekstrak kering. Selain itu, ekstrak bawang putih kering memiliki sifat antioksidan penangkal radikal bebas lebih tinggi daripada bawang putih segar.

Demikian informasi Khasiat kandungan dan manfaat bawang putih, semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments