Cara Berhenti Merokok Yang Efektif

Cara Berhenti Merokok Yang Efektif

Cara Berhenti Merokok Yang Efektif – Setelah beberapa waktu lalu saya membahas tentang Ketahui manfaat berhenti merokok bagi kesehatan maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips yang mungkin akan sangat berguna sekali bagi anda yang ingin mulai berhenti merokok. Perlu diketahui seseorang yang sudah lama merokok kemudian ingin berhenti, tentu saja tidak bisa langsung berhenti karena rokok mempunyai kemampuan membuat ketergantungan bagi penggunanya. lalu bagaimana cara berhenti merokok? tenang saja saya akan memberikan tips berhenti merokok agar dapat terwujud.

Cara Berhenti Merokok Yang Efektif


Setelah mengetahui bahwa merokok tidak ada efek baiknya bagi kesehatan dan kemudian anda ingin mencoba lepas dari belenggu tersebut tidaklah mudah, perlu kemantapan hati kita untuk berhenti. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa tips ampuh cara berhenti merokok :

1. Kesadaran dan Niat untuk berhenti merokok


Hal yang pertama cara berhenti merokok yang kita butuhkan adalah  kesadaran diri kita masing-masing bahwa merokok itu tidak baik dan berbahaya, kemudian setelah sadar akan hal tersebut dibutuhkan niat yang kuat untuk merubah kebiasaan merokok. Kedua point ini antara kesadaran dan niat merupakan modal utama untuk bisa berhenti merokok.

2.Ketahui apa penyebab anda merokok


Hal yang kedua cara berhenti merokok adalah mengetahui apa penyebab anda merokok, jadi nantinya anda dapat melakukan strategi untuk mencegahnya. Sebagai contoh, jika anda merokok karena mengisi waktu luang maka anda bisa menggantinya dengan hal yang bermanfaat seperti olahraga, jika anda merokok karena stress maka anda harus menghibur diri anda , jika anda merokok karena ikut-ikut teman maka anda bisa menjauhi teman yang merokok dan betemanlah dengan yang tidak merokok, atau jika merokok merupakan kebutuhan anda maka setidaknya kurangilah konsumsi rokok itu setiap harinya. hal ini sangat efektif bagi anda yang ingin berhenti merokok.

3. Dukungan dari keluarga dan teman


Cara berhenti merokok yang ketiga adalah jika hati anda sudah mantap untuk berhenti merokok, maka mintalah bantuan dari keluarga atau teman dekat anda untuk memberikan dukungan bagi anda bahwa anda telah meyakinkan diri anda untuk tidak merokok lagi.

4. Makanlah makanan sehat


Biasanya hasrat igin merokok itu timbul saat kondisi perut kita terasa lapar atau indera perasa kita kurang enak, maka dari itu solusi yang paling efektif adalah makanan yang sehat dan bergizi secara teratur.

5. Konsultasi ke dokter


Setelah itu lakukanlah konsultasi rutin ke dokter tentang masalah anda yang ingin berhenti merokok dan nantinya anda akan mendapat resep maupun nasihat yang harus anda lakukan agar cepat berhenti.

Itulah mungkin beberapa tips singkat yang bisa saya berikan tentang cara berhenti merokok, semoga cara diatas dapat anda terapkan agar anda dapat mengubah kebiasaan dan pola hidup anda dari merokok menjadi pola hidup sehat tanpa rokok. Oh iya jika anda termasuk perokok pasif maka cara yang paling efektif adalah dengan menghindari tempat-tempat yang banyak orang merokok. Itulah sekilas informasi tentang cara berhenti merokok semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar