Friday, July 1, 2016

Tips Merencanakan Liburan Keluarga Anda


Tips Merencanakan Liburan Keluarga Anda

Tips Merencanakan Liburan Keluarga Anda, Kadang menghadapi liburan kita bingung mau pergi ke mana atau mau merencanakan apa?

Sebaiknya rencanakan kegiatan liburan ini dengan matang, perencanaan liburan yang buruk bisa menyebabkan  biaya yang membengkak, acara yang membosankan, barang bawaan yang terlalu banyak & merepotkan, bahkan “sakit” yang bisa mengganggu liburan anda dan keluarga.

Tips Merencanakan Liburan Keluarga Anda


Berikut ini beberapa tips & trick dalam merencanakan liburan yang mungkin bisa anda gunakan :
  1. Rencanakan liburan jauh-jauh hari dengan mempertimbangkan waktu, biaya, tujuan wisata dan lain-lain
  2. Jaga kesehatan, persiapkan fisik tubuh anda jauh hari sebelum melakukan perjalanan. Ada baiknya melakukan check up kesehatan ke dokter pribadi anda  dan jangan lupa bawa serta obat-obatan pribadi dan obat P3K
  3. Pastikan budget/anggaran yang disediakan, jangan menganggu keuangan keluarga karena liburan tidak harus identik dengan biaya mahal tetapi bagaimana kita dan keluarga bisa menikmati kebersamaan dan refreshing
  4. Diskusikan semua keinginan anggota keluarga, tentukan tujuan wisata yang paling mendekati harapan seluruh anggota keluarga
  5. Cari nformasi tentang tempat yang akan dikunjungi, baik dari brosur-brosur ataupun searching di internet, sehingga kita bisa merencanakan kegiatan apa saja yang akan kita lakukan di tempat tujuan. Informasi seperti tempat-tempat wisata, hotel dan penginapan, bandara, jadwal pesawat terbang, informasi even wisata situasi keamanan dan sosial politik serta hal lainnya sangat membantu anda menetapkan prioritas tujuan berlibur anda. termasuk cari tahu kondisi cuaca di tempat tujuan.
  6. Jangan bawa barang bawaan secara berlebihan, pastikan yang anda bawa tidak menjadi beban dalam perjalanan anda sekeluarga Jangan membawa barang berharga. Apabila terpaksa membawanya, titipkanlah di deposit box hotel ketika anda bepergian, lebih baik jangan membawa barang berharga ke tempat wisata. Jangan meninggalkan barang berharga di kamar hotel.
  7. Bila bepergian ke luar negeri pastikan kelengkapan dokumen paspor anda beserta dokumen lain (visa, kartu identitas dll) yang sekiranya bakal diperlukan. Pastikan anda mengetahui secara pasti nilai kurs mata uang dari negara yang akan dikunjungi dan pelajari bahasa daerah tujuan, setidaknya belilah kamus bahasa kecil sebagai panduan awal anda dalam berkomunikasi.
  8. Cari informasi tentang budaya, adat, kebiasaan dan semacamnya di tujuan. Hal seperti ini kelihatan sepele, namun anda dapat merasakan manfaatnya setelah anda menjalaninya.
  9. Abadikan moment-moment dalam setiap aktivitas yang dilakukan seluruh keluarga sebagai kenangan yang indah
  10. Jangan lupa untuk membawa pulang sedkit oleh-oleh untuk tetangga dan handai taulan.

Demikian beberapa Tips Merencanakan Liburan Keluarga Anda yang bisa Anda coba. Selamat merencanakan liburan………..
Load disqus comments

0 comments