Wednesday, March 15, 2017

Penyakit Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Penyakit Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Penyakit Darah Rendah dan Cara Mengatasinya. Penyakit darah rendah atau tekanan darah rendah (hypotension/hipotensi) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg atau tekanan darah lebih rendah dari biasanya (dibawah normal), yang berarti jantung, otak dan bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan suplai darah yang cukup sehingga bisa menimbulkan gejala-gejala seperti pusing dan pingsan.

Gejala hipotensi mirip dengan anemia, tetapi Anda jangan keliru karena kedua penyakit ini memiliki sumber masalah yang berbeda. Anemia adalah keadaan dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sedangkan tekanan darah rendah adalah kondisi dimana tekanan darah seseorang rendah atau lemah (kurang dari ukuran normal).

Tekanan darah berhubungan dengan kemampuan jantung memompa darah. Tekanan darah bisa bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Gejala yang sering timbul pada penderita tekanan darah rendah adalah pusing, terutama saat tiba-tiba melakukan perubahan posisi tubuh, misalnya dari membungkuk kemudian posisi tubuh lurus, atau saat tiba-tiba duduk dari tidur atau dari posisi duduk lalu berdiri dan terasa gelap, badan sempoyongan atau melayang, pingsan, mual, dingin pada ujung-ujung tangan dan kaki, lemas dan gelisah, serta haus.

Baca juga: Obat Alami darah tinggi paling ampuh

Penyebab hipotensi (darah rendah)


Penyebab hipotensi bervariasi antara lain karena:

  1. Dehidrasi.
  2. Efek samping obat seperti alkohol, anxiolytic, beberapa antidepresan, diuretik, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner, analgesik.
  3. Masalah jantung seperti perubahan irama jantung (aritmia), serangan jantung, dan gagal jantung.
  4. Kejutan emosional, misalnya syok yang disebabkan oleh infeksi yang parah, stroke, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa) dan trauma hebat.
  5. Perdarahan, dll. Anda sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter atau spesialis jika sering pingsan atau hipotensi mengganggu kualitas hidup Anda.
  6. Diabetes tingkat lanjut.

Hipotensi pada orang sehat yang tidak menimbulkan masalah biasanya tidak memerlukan perawatan. Tapi jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala tekanan darah rendah, Anda mungkin memerlukan pengobatan. Dan cara alami mengatasi darah rendah atau mengobati tekanan darah rendah maupun anemia yaitu dengan ramuan kulit manggis dan daun sirsak.

Cara mengatasi darah rendah dengan Kulit Manggis


Dalam kulit manggis terkandung senyawa “xanthone” yang merupakan antioksidan super yang terdapat dalam kulit dan daging buah manggis. Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Manggis juga mengandung mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin yang baik untuk tubuh.

Dari beberapa penelitian dikatakan bahwa ekstrak kulit buah manggis sangat membantu dalam menormalkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah serta mampu menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Dengan kandungan xanthone yang tinggi (123,97 mg/ml) dalam kulit buah manggis dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. Senyawa xanthone yang terkandung dalam ekstrak kulit manggis juga memiliki sifat anti-mikroba dan anti-peradangan yang bisa membuat tekanan darah menjadi normal.

Baca : Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Cara mengatasi darah rendah dengan Daun Sirsak. 

Daun sirsak mengandung zat accetogeninns yang berperan sebagai zat anti-kanker. Accetogeninns terebut bekerja menjelajahi tubuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh termasuk melancarkan aliran darah untuk bisa kembali normal. Dan yang paling menakjubkan dari accetogeninns ini yaitu memiliki daya kerja mencapai 10.000 kali lipat lebih kuat daripada kemoterapi dalam hal menumpas sel kanker. Sebenarnya pemanfaatan daun sirsak sebagai obat-obatan di Indonesia bukan hal yang baru karena sejak dahulu secara turun-temurun masyarakat sudah menggunakan khasiat dari daun dan buah sirsak untuk pengobatan.

Baca : Cara dan manfaat rebusan daun sirsak


Itulah sebagian khasiat dari kulit manggis dan daun sirsak dalam membantu mengatasi darah rendah. 
Load disqus comments

0 comments