Wednesday, March 15, 2017

Cara Alami Mengobati Diare Dengan Cepat dan Tepat

Cara Alami Mengobati Diare Dengan Cepat dan Tepat

Cara Alami Mengobati Diare Dengan Cepat dan Tepat – Berbicara tentang penyakit diare, mungkin semua orang sudah mengetahui dan juga pernah mengalaminya. Penyakit diare atau mencret rentan sekali terjadi pada anak-anak karena mereka sering jajan sembarangan dan karena harganya yang murah meriah (dengan tingkat higienis yang rendah), jajan makanan yang pedas dan sejenisnya, bisa menimbulkan gangguan pencernaan serta keluhan penyakit perut lainnya.

Diare adalah peningkatan dalam frekuensi BAB/buang air besar (kotoran), serta pada kandungan air dan volume kotoran itu. Diare bisa menjadi masalah berat jika dianggap spele. Diare yang ringan bisa pulih dalam beberapa hari. Namun, diare yang berat dapat menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan) atau masalah gizi yang berat.

Seperti telah kita ketahui bahwa pada orang dewasa buang air besar secara normal sebanyak satu atau dua kali sehari, sedangkan pada penyakit diare ini, frekuensi buang air besar lebih sering yaitu lebih dari tiga kali dalam sehari. Namun, pada anak bayi frekuensi BAB normal bisa lebih sering dari orang dewasa, oleh karena itu jangan langsung mengira bayi terkena diare walaupun BAB nya lebih dari tiga kali.

Penyebab paling umum dari penyakit diare adalah virus yang menginfeksi usus. Infeksi ini biasanya berlangsung selama dua hari dan kadang-kadang disebut “flu usus” atau “flu perut.” Diare juga dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:


  1. Infeksi oleh bakteri (penyebab dari sebagian besar jenis keracunan makanan)
  2. Infeksi oleh organisme lain
  3. Makan makanan yang mengganggu sistem pencernaan
  4. Obat-obatan
  5. Alergi makanan tertentu
  6. Radiasi saat terapi
  7. Penyakit usus (penyakit Crohn, kolitis ulserativa)
  8. Malabsorpsi (dimana tubuh tidak mampu menyerap nutrisi memadai tertentu dari diet)
  9. Hipertiroidisme
  10. Beberapa kanker
  11. Penyalahgunaan alkohol
  12. Operasi saluran pencernaan
  13. Diabetes
  14. Diare juga dapat mengikuti sembelit, terutama bagi orang-orang yang memiliki sindrom iritasi usus besar.

Jika Anda menderita diare ringan, Anda dapat mengobatinya dengan obat diare yang banyak di jual di apotik. Untuk mengganti cairan yang hilang, Anda harus minum setidaknya 8 gelas cairan perhari.

Tetapi tidak ada salahnya sebelum menggunakan obat diare di apotik, kita coba mengatasi diare dengan secara alami. Berikut ini telah kami siapkan informasi dan langkah-langkah dalam cara alami mengobati diare secara cepat dan tepat yang sangat mudah dilakukan.

Cara Alami mengobati diare dengan cara tradisinal


Cara Alami Mengobati Diare Dengan Banyak minum air putih. 

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda mengetahui Anda terkena diare maka Anda harus banyak mengonsumsi air putih, karena penderita diare akan kehilangan banyak mineral dan cairan dalam tubuh sehingga Anda harus terus menambah cairan dengan cara mengonsumsi air putih sebanyak mungkin agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

Cara Alami Mengobati Diare Dengan Minum larutan oralit. 

Kedua, bila Anda rasa diare yang dialami tambah parah, cobalah untuk meminta bantuan untuk dibuatkan larutan oralit, larutan yang terdiri dari air putih, gula dan garam ini menjadi elektrolit bagi tubuh yang kekurangan cairan. Anda setidaknya harus meminum 1 gelas larutan oralit yang akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi dan lemas.

Cara Alami Mengobati Diare Dengan Makan daun jambu. 

Atau bisa juga Anda mengunyah daun jambu muda yang memang berkhasiat baik dalam mengatasi penyakit diare. Anda bisa mengambil daun jambu yang masih muda, dicuci bersih, di kunyah lembut dan segera dimakan. Karena kandungan dalam daun jambu muda ini bisa mengatasi sistem pencernaan yang mengalami kelainan akibat salah makan atau salah minum.

Dan bila Anda merasa bahwa sakit diare Anda parah sehingga Anda tidak mampu untuk melakukan apapun, segera bawa diri Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk segera mendapat penanganan yang serius.

Selain informasi mengenai cara mengobati diare berikut ini kami juga menyediakan
Sebagai tindakan pencegahan agar Anda bisa terhindar dari resiko diare ada beberapa saran yang bisa Anda jalankan.

  1. Jangan suka jajan sembarangan.
  2. Makan lah sayuran dan buah yang sehat dan bersih.
  3. Banyak minum air putih
  4. Hindari makanan atau minuman yang tidak terjamin kebersihannya.
  5. Jagalah kebersihan lingkungan terutama mengenai MCK.

Dengan melakukan beberapa tips diatas setidaknya Anda bisa terhindar dari penyakit diare yang bisa membuat keadaan Anda lemas dan tidak berdaya, apalagi penyakit ini juga berdampak pada kesehatan Anda yang bisa mempengaruhi kerusakan organ tubuh.
Load disqus comments

0 comments