Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh. Durian merupakan salah satu buah yang menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Selain terkenal karena rasanya yang sangat khas, durian juga memiliki tekstur daging buah yang sangat lembut dan juga enak. Buah ini juga sempat menjadi kontroversi di dunia karena bentuknya yang unik dan tidak biasa. Ya, buah durian memang terkenal memiliki kulit berduri tajam dan mengerikan, namun di dalamnya tersimpan buah berwarna emas yang legit dan membuat ketagihan.

Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Selaras dengan hal tersebut, buah durian juga mempunyai beragam manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia, antara lain sebagai berikut :

1. Membantu Meredakan Migrain

Bagi anda yang sering merasakan sakit kepala sebelah ( migrain ), mengonsumsi buah durian mungkin dapat menjadi salah satu pilihan alternatif penyembuhan yang sangat menyenangkan. Buah durian memiliki kandungan vitamin B1 atau Riboflavin yang berguna dalam mengurangi rasa nyeri akibat migrain.

Baca juga :  Gejala Migrain dan Penyebabnya

2. Membantu Mencegah Anemia

Khasiat selanjutnya dari buah durian adalah mencegah terjadinya anemia ( kekurangan sel darah merah ).Hal ini karena buah durian merupakan sumber yang baik untuk vitamin B9 atau Asam Folat yang berperan aktif dalam memproduksi sel-sel darah merah. Kandungan asam folat dari durian diketahui mencapai 22 persen jumlahnya.

Baca juga : Cara Mencegah Anemia atau Kurang Darah

3. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Kulit

Durian adalah sumber yang amat baik bagi vitamin C. Setidaknya 80 persen kandungan vitamin C terdapat di dalam daging buah durian. Karenanya, mengonsumsi buah ini sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C merupakan nutrisi yang penting dalam pembentukan kolagen, pembuluh darah, dan selaput kulit.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Khasiat berikutnya dari buah durian adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Durian terbukti mengandung lebih dari 30 persen zat Kalium yang berguna dalam menambah masa tulang dan menghindarkannya dari bahaya osteoporosis.

Baca juga : Penyakit Tulang dan Pencegahannya

5. Membantu Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Durian kaya akan kandungan Mangan. Zat ini dibutuhkan tubuh untuk mengatur kadar gula darah agar tetap stabil dan normal.

6. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Kandungan serat yang mencapai 37 persen membuat daging buah durian sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Serat terkenal sebagai nutrisi yang mampu menyerap cairan dalam usus dengan sangat baik, sehingga dapat membantu menambah massa dan ukuran tinja, sebagai pencegaha terhadap resiko sembelit.


Sumber : https://www.healthhaphope.com/2017/03/manfaat-buah-durian-untuk-kesehatan-tubuh.html

Tidak ada komentar

Posting Komentar