Perbedaan Antara Rematik dan Asam Urat


Perbedaan Antara Rematik dan Asam Urat

Perbedaan Antara Rematik dan Asam Urat. Mungkin bagi sebagian orang awam penyakit asam urat dan rematik cukup sulit dibedakan, terlebih keduanya memiliki gejala yang hampir sama. Namun apabila dicermati, rasa nyeri pada asam urat lebih khas jika dibandingkan dengan rasa nyeri pada rematik.

Perbedaan Antara Rematik dan Asam Urat


  1. Rematik (Rheumatoid Arthritis) merupakan sekelomok penyakit yang menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh seperti tulang, sendi, otot, bahkan darah dan beberapa organ tubuh lainnya. Penyebab rematik sangat bervariasi dan umumnya sangat berkaitan erat dengan faktor turunan, gangguan imunitas, infeksi, keganasan dan lain sebagainya.
  2. Asam urat merupakan salah satu hasil dari pemecahan zat purin dalam tubuh. Zat purin itu sendiri merupakan suatu zat alami yang ada dalam tubuh dan umumnya dapat dijumpai dari berbagai macam jenis makanan. Normalnya zat purin dari hasil metabolisme tubuh akan ikut terbuang bersamaan dengan urin. Namun pada penderita asam urat, zat purin yang dihasilkan tidak dibuang dengan baik dan malah akan menumpuk dan tertimbun pada jaringan sendi. Itulah mengapa pada penderita asam urat memiliki nyeri yang sangat khas pada persendian.

    Baca : Gejala dan Penyebab Asam Urat

Karena keduanya menimbulkan gejala yang hampir sama, namun jika dilihat dari penyebabnya keduanya memiliki penyebab yang berbeda. Dimana asam urat terjadi akibat kadar asam urat dalam tubuh yang berlebihan, sedangkan ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya rematik.

Rematik umumnya sering dijumpai dengan timbulnya rasa nyeri dibahu, pinggang / leher, pengapuran sendi, infeksi dan lain sebagainya. Rematik juga termasuk salah satu penyakit yang cukup banyak dijumpai dimasyarakat kita. Kebanyakan penderita rematik lebih sering dipicu akibat penumpukan kristal asam urat pada daerah persendian. Inilah yang kemudian kebanyakan orang menganggap bahwa asam urat dan rematik adalah penyakit yang sama.

Baca juga : Obat Herbal Asam Urat dan Rematik

Secara kasat mata mungkin Anda tidak akan mengetahui apakah Anda menderita asam urat atau rematik. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke laboratorium, dengan mengecek kadar asam urat Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasilnya, dan mengetahui apakah Anda menderita asam urat atau tidak.


Sumber : http://obatherbal-murah.com/perbedaan-penyakit-asam-urat-dan-rematik/

QuickEdit
dunia orange
0 Comments
Share This Post :

You Might Also Like

No comments:

Post a Comment

[name=Katakata Kiki] [img=https://lh3.googleusercontent.com/-BwApT_tMNwk/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/BXBKy37ddXw/photo.jpg?sz=80] [description=The team after that incident and the two drivers were warned that they risked their future at the team if they damaged each other's cars out on track. For me to win here at a race where I loved watching Ayrton drive] (facebook=https://www.facebook.com/) (twitter=https://www.twitter.com/) (instagram=https://www.instagram.com/) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)