Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus


Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Apa Penyakit Lupus Itu dan Apa pula Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus? Penyakit lupus merupakan salah satu bentuk dari penyakit autoimun. Dimana sistem kekebalan tubuh (imun) yang seharusnya melindungi sel-sel, jaringan dan organ tubuh sehat lainnya, justru malah berbalik menyerangnya dan terjadi secara berulang-ulang hingga menyebabkan terjadinya peradangan kronis.

Dengan kata lain, penyakit ini dapat pula diartikan sebagai bentuk dari penyakit peradangan kronis autoimun.Peradangan yang disebabkan oleh penyakit ini dapat mempengaruh banyak sistem tubuh seperti sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, juga paru-paru hingga dapat menyebabkan timbulnya bermacam-macam gejala atau manifestasi klinis yang beragam.

Itulah sebabnya penyakit ini sangat sulit dideteksi karena tanda-tanda atau gejalanya seringkali mirip dengan penyakit lainnya. Namun yang cukup khas dari penyakit ini yaitu timbulnya ruam diwajah yang menyerupai sayap kupu-kupu (ruam dikedua pipi) yang disebut juga dengan malar rash.

Penyebab Penyakit Lupus

Hingga artikel ini dibuat, kami ada peneliti yang memastikan penyebab dari penyakit ini. Meskipun demikian, penyakit ini dapat dipicu oleh beberapa faktor pemicu yang cukup potensial diantanya seperti Paparan Sinar Matahari, hal ini karena pada orang-orang yang rentan terkena paparan sinar matahari dapat memicu terjadinya lesi kulit yang merupakan gejala dari penyakit lupus/memicu respons internal.  Fakto lainnya yaitu akibat konsumsi obat-obatan tertentu, dimana lupus dapat dipicu oleh beberapa jenis obat anti kejang, obat tekanan darah dan antibiotik. Namun pada penderita lupus yang dipicu oleh obat, biasanya lupus tersebut akan hilang seiring dengan dihentikannya mengkonsumsi obat-obatan pemicu lupus tersebut.

Gejala Penyakit Lupus

Penderita lupus yang satu dengan yang lainnya dapat merasakan gejala yang tidak sama. Gejala yang terjadi dapat datang secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, baik ringan ataupun sementara juga dapat bersifat sementara maupun permanen. Umumnya tanda atau gejala lupus yang terjadi dapat didasarkan oleh sistem tubuh bagian mana yang terkena efek penyakit ini. Namun secara umum, tanda dan gejala tersebut diantaranya :

  • Berat badan yang mengalami penurunan secara drastis.
  • Timbulnya gangguan pencernaa.
  • Rambut akan sering mengalami kerontokan.
  • Mudah merasa lemah, kelelahan, demam dan pegal-pegal. Namun gejala ini akan hilang dengan sendirinya pada masa nonaktif atau remisi.
  • Anemia, yang disebabkan akibat sel darah merah mengalami pemecahan/hancur oleh penyakit ini.
  • Munculnya ruam dikulit wajah menyerupai kupu-kupu yang membentang.
Apabila Anda mengalami beberapa gejala tersebut, ada baiknya jangan langsung memvonis Anda menderita lupus. Namun terlebih dahulu anda memeriksakan diri kedokter untuk diperiksa dengan baik apa yang Anda alami. Dan apabila positif mengalami penyakit lupus segera lakukan pengobatan, dan kami menyarankan untuk melakukan pengobatan dengan Obat Penyakit Lupus Alami untuk menghindari timbulnya efek samping dari obat-obatan kimia.


Sumber : http://obatherbal-murah.com/gejala-penyakit-lupus-dan-penyebabnya/

QuickEdit
dunia orange
0 Comments
Share This Post :

You Might Also Like

No comments:

Post a Comment

[name=Katakata Kiki] [img=https://lh3.googleusercontent.com/-BwApT_tMNwk/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/BXBKy37ddXw/photo.jpg?sz=80] [description=The team after that incident and the two drivers were warned that they risked their future at the team if they damaged each other's cars out on track. For me to win here at a race where I loved watching Ayrton drive] (facebook=https://www.facebook.com/) (twitter=https://www.twitter.com/) (instagram=https://www.instagram.com/) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)