Monday, May 30, 2016

Manfaat asam omega 3 untuk kanker usus besar

Asam omega 3

Manfaat asam omega 3 untuk kanker usus besar

Manfaat asam omega 3 untuk kanker usus besar, Jika Anda termasuk salah seorang yang dicurigai berisiko mengalami tumor atau kanker usus, ada kabar baik untuk Anda. Asam omega 3 yang sering disebut sebagai “lemak baik” yang ditemukan dalam beberapa jenis ikan dan minyak alami, diyakini dapat menekan bahaya tumor diantara orang-orang yang rentan mengalami kanker usus.

Sebanyak 50 pasien diikutsertakan dalam penelitian tersebut, termasuk yang mengalami risiko mengalami tumor, sebagai gejala pertumbuhan prakanker dalam usus yang kemudian berkembang sehingga harus diangkat.

Sekitar 28 pasien secara acak ditempatkan ke dalam sebuah kelompok yang menerima dua gram pil yang mengandung zat omega 3 murni, sementara itu 27 orang lainnya diberikan pil placebo atau kosong.

Setelah enam bulan, angka dari pasien yang mengalami tumor naik sekitar 10% pada kelompok yang diberi pil placebo, sementara itu kelompok yang mengonsumsi omega 3 justru mengalami penurunan risiko hingga 12 persen.

Sebagai tambahan, ukuran dari tumor tersebut naik sekitar 17 persen pada peminum pil placebo. Sedangkan, bagi kelompok yang mengonsumsi omega 3 justru menurun hinga 12,5 persen.

Hasil itu hampir serupa dengan satu jenis obat yaitu celecoxib yang dipasarkan dengan nama Celebrex yang berguna untuk menghambat tumor bagi pasien yang berisiko tinggi.

Namun, jenis obat itu dikaitkan dengan efek samping terhadap fungsi kardiovaskular bagi para lanjut usia. Sebaliknya, omega 3 yang atau dikenal dengan nama lengkap asam eikosapentaenoat (eicosapentaeonic acid/EPA) bisa ditoleransi, ujar para dokter.

Makanan sumber omega 3 terutama terdapat pada pangan hewani dan nabati laut seperti ikan tuna, tongkol, cakalang, cod, rumput laut dan minyak nabati dan sayuran hijau.

Sumber: Obat herbal alami
Load disqus comments

0 comments