Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Grid Slider

Grid Slider Styles

Display Trending Posts

Display Author Bio

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Powered by Blogger.

Tanaman Obat Herbal penyakit Jantung Bocor


Tanaman Obat Herbal penyakit Jantung Bocor

Tanaman Obat Herbal penyakit Jantung Bocor. Jantung bocor adalah suatu kondisi dimana terdapat lubang pada sekat jantung akibat kelainan struktur jantung. Umumnya, penyakit jantung bocor diderita anak-anak karena merupakan penyakit bawaan sejak lahir, meski tidak sedikit pula penyakit jantung diderita orang dewasa.

Mengapa Jantung Bocor Bisa Terjadi?

Proses terjadinya jantung bocor bisa terjadi sejak masa pembuahan pada wanita yang akan hamil. Proses pembentukan jantung janin terjadi pada masa awal pembuahan (konsepsi).

Formasi jantung seharusnya telah sempurna pada akhir masa trimester pertama kehamilan. Namun, tidak demikian halnya pada bayi yang mengalami jantung bocor.

Apa yang terjadi pada seseorang yang mengidap penyakit jantung bocor? Seperti diketahui, jantung terbagi menjadi empat bagian yaitu serambi kanan dan kiri, serta bilik kanan dan kiri, dan sekat jantung yang memisahkan bagian-bagian tersebut.

Jantung kanan mengandung darah kotor yang didominasi CO2, sedangkan pada jantung kiri banyak mengandung O2. Pada jantung normal, darah kotor dari jantung kanan dibawa terlebih dahulu ke paru-paru.

Setelah itu, baru diteruskan ke jantung kiri untuk dipompa ke seluruh tubuh. Sementara, pada jantung bocor, karena sekatnya bocor maka terjadi percampuran antara darah kotor dan darah bersih. Inilah yang membuat jantung tidak bisa berfungsi secara normal.

Penyebab Jantung Bocor

  • Faktor keturunan memliki peran dalam beberapa kelainan jantung bawaan. Misalnya, orang tua yang memiliki cacat jantung bawaan sedikit lebih mungkin dibandingkan orang tua yang sehat.
  • Anak-anak yang memiliki kelainan genetik, seperti sindrom Down, sering memiliki kelainan jantung bawaan. Bahkan 50% bayi dengan sindrom Down memiliki kelainan jantung bawaan.
  • Merokok selama kehamilan juga telah dikaitkan dengan beberapa penyakit jantung bawaan, termasuk jantung bocor.
  • Higga saat ini para ilmuwan masih terus mencari penyebab jantung bocor.

Ciri-ciri dan Gejala Jantung Bocor

Beberapa gejala jantung bocor bisa dilihat dari kondisi berikut: Mudah lelah, nafas pendek, sering batuk, khususnya di malam hari; dada berdebar kencang, buang air kecil terlalu sering, sering merasa sakit di dada, sesak nafas, mudah pingsan, dan sering pusing.

Sedangkan gejala penyakit jantung bocor pada bayi dapat dicurigai apabila bayi tersebut gampang sakit, berat badannya tidak naik-naik, susah minum susu, atau gampang kelelahan.

Baca : Ciri-ciri dan gejala lemah jantung

Apa yang Sebaiknya Dilakukan jika Mengalami Jantung Bocor?

Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan jika mengalami jantung bocor. Pertama, jelas harus dipastikan terlebih dahulu bahwa benar telah terjadi jantung bocor yaitu dengan melakukan pemeriksaan medis.

Pada tahap pemeriksaan tersebut akan dilakukan rontgen pada dada. Bila perlu, pemeriksaan lanjutan juga dapat dilakukan dengan menggunakan elektrokardiogram (EKG).

Ketika sudah dapat dipastikan bahwa jantung bocor benar terjadi, penyembuhan jantung bocor bisa dilakukan. Namun, memang proses penyembuhan belum bisa dilakukan saat masih janin.

Paling tidak, penanganan jantung bocor baru bisa dilakukan setelah bayi berusia tiga bulan. Pihak medis biasanya akan mempertimbangkan beberapa kondisi sebelum memutuskan langkah pengobatan jantung bocor.

Pertimbangannya meliputi usia pasien dan kondisi medis pasien. Metode pengobatan jantung bocor meliputi operasi jantung dimana dada akan dibedah atau dengan melakukan kateterisasi.

Tetapi tidak semua pasien bocor jantung bisa dikateterisasi. Jika letak kebocorannya agak dibawah akan sulit melakukan kateterisasi, pilihannya tetap harus dibedah terbuka.

Selain menggunakan pendekatan medis, tidak ada salahnya mencoba pengobatan alternatif jantung bocor. Pengobatan alternatif jantung bocor biasanya menggunakan obat-obat herbal yang terbuat dari tumbuhan atau tanaman obat yang dipercaya dapat memantu mengobati jantung bocor tanpa operasi.

Baca : Obat Tradisional Jantung Bengkak Paling Ampuh

Selama masa pengobatan harus diikuti dengan menjaga pola makan gaya hidup sehat. Bagi wanita hamil terutama, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Sebab buruknya gizi dapat berpengaruh besar terhadap ketidaksempurnaan jantung janin. Hal Itulah yang kemudian menyebabkan jantung bocor terjadi.

Tanaman Obat Herbal Penyakit Jantung Bocor

Berikut ini beberapa jenis tanaman atau tumbuhan obat alami jantug bocor yang dapat digunakan utuk pengobatan penyakit jantung bocor :

1. Mengobati Jantung Bocor dengan Bawang putih

Mengobati Jantung Bocor dengan Bawang putih

Bahan dapur yang mungil ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan, termasuk sebagai obat alami jantung bocor. Khasiat lainnya dari bawang putih adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan memiliki sifat antikanker dan antibakteri. Karena kegunaannya itulah bawang putih sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bawang putih juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah arteriosklerosis dan penyakit jantung dengan cara melawan oksidasi dari serum lemak, serta melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Baca : Khasiat kandungan dan manfaat bawang putih


2. Mahkota dewa untuk Obat Jantug Bocor 

Mahkota dewa untuk Obat Jantug Bocor

Tanaman yang memiliki buah berwarna merah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sering digunakan sebagai bahan ramuan tradisional termasuk untuk mengobati penyakit jantung. Tidak hanya penyakit jantung, mahkota dewa juga bisa untuk mengobati hipertensi, kanker, diabetes, asam urat, dan penyakit ginjal.

3. Temu giring Obat Jantung Bocor

Temu giring

Tanaman herbal yang biasa dijadikan bahan dasar untuk kosmetik ini bisa juga untuk mengatasi jantung bocor sedikit dan penyakit jantung lainnya di samping pengobatan secara medis. Temu giring juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, membantu membersihkan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah.  Tanaman ini bersifat antiseptik dan anticacing sehingga bisa juga untuk kesehatan pencernaan.

Baca : Obat penyakit jantung koroner paling ampuh

4. Mengatasi Jantung Bocor dengan Tanaman Sambang darah

Sambang darah

Tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung termasuk untuk mengobati Anda yang memiliki jantung bocor sedikit. Selain untuk kesehatan jantung, sambaing darah juga bisa membantu untuk menghentikan pendarahan, menurunkan tekanan darah yang tinggi atau hipertensi, mengobati demam, serta untuk menghentikan pendarahan saat persalinan.

Baca : Makanan sehat untuk jantung berdebar-debar


5. Mengobati Jantug Bocor Temu Putih

Temu putih

Temu putih kerap digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit dalam kronis. Penyakit yang bisa diatasi dengan temu putih antara lain adalah penyakit jantung, kolesterol tinggi, diabetes, dan sebagai anti racun. Temu putih juga bisa digunakan sebagai ramuan penambah nafsu makan yang berguna bagi Anda yang kehilangan nafsu makan karena gejala jantung bocor.
QuickEdit
Herbal Untuk Jantung
0 Comments
Share This Post :

You Might Also Like

No comments:

Post a Comment

[name=Katakata Kiki] [img=https://lh3.googleusercontent.com/-BwApT_tMNwk/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/BXBKy37ddXw/photo.jpg?sz=80] [description=The team after that incident and the two drivers were warned that they risked their future at the team if they damaged each other's cars out on track. For me to win here at a race where I loved watching Ayrton drive] (facebook=https://www.facebook.com/) (twitter=https://www.twitter.com/) (instagram=https://www.instagram.com/) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)