Monday, June 1, 2015

Khasiat dan Manfaat Blueberry Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Blueberry Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Blueberry Bagi Kesehatan - Buah multikhasiat ini memperoleh tempat istimewa di dalam menu makanan Amerika Utara, karena banyaknya spesies Blueberry yang asli di Amerika Utara daripada di benua lainnya, selain itu dikarenakan banyaknya khasiat dan manfaat Blueberry bagi kesehatan. Sampai hari ini, Amerika Serikat menyediakan dan menyuplai hampir setengah permintaan Blueberry secara global. Sebagai salah satu dari beberapa buah-buahan asli Amerika Utara, Blueberry telah dinikmati oleh penduduk asli Amerika selama ratusan tahun. Blueberry juga telah dinikmati di seluruh dunia dalam masakan Asia sampai Mediterania.

Budidaya Blueberry tersebar luas di antara suku-suku asli Amerika Utara. Kolonis Eropa belajar tentang Blueberry berkat tradisi penduduk asli Amerika dan membawa spesies Blueberry kembali ke Eropa. Namun budidaya komersial dari Blueberry di Eropa menjadi fenomena yang relatif baru terbatas pada abad ke-20 dan ke-21 . Berkat peningkatan budidaya di belahan bumi selatan, termasuk negara-negara Amerika Selatan seperti Chili, Argentina dan Uruguay serta Afrika Selatan, Selandia Baru dan Australia. Blueberry segar sekarang dinikmati sepanjang tahun di banyak benua di dunia .

Salah satu tren menarik dalam sejarah Blueberry, telah terjadi peningkatan konsumsi Blueberry secara signifikan  di AS pada tahun 1997, rata-rata warga AS dewasa mengonsumsi sekitar 13 ons Blueberry per tahun. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2007, jumlah itu meningkat hampir dua kali lipat dengan mencapai tingkat rata-rata 22 ons. Hingga menjadikan Blueberry merupakan jenis Berry yang paling sering dikonsumsi di Amerika Serikat, setelah strawberry dan Acai Berry.

Baca juga : "Khasiat dan Manfaat Delima Merah si “Buah Surga

Kandungan Blueberry


Fitonutrien dalam Blueberry


Fitonutrien adalah zat kimia alami yang terkandung dalam tumbuh-tumbuhan. Dalam satu jenis tumbuhan terdapat ribuan zat kimia natural yang dibutuhkan oleh tanaman untuk melindungi dirinya dari kuman, jamur, dan hal-hal lain yang dirasa dapat membahayakan hidupnya. Fitonutrien tidak bersifat esensial seperti halnya vitamin dan mineral, yang jika tidak dikonsumsi akan membahayakan kondisi tubuh Anda, namun ketika Anda mengonsumsi fitonutrien, zat-zat ini akan dapat mencegah penyakit yang mungkin menjangkiti tubuh Anda dan dapat menjaga organ-organ tubuh Anda berfungsi dengan baik. Berikut kandungan fitonutrien dalam Blueberry:
  • Antosianin : malvidins, delphinidins, pelargonidins, cyanidins, peonidins.
  • Asam hydroxycinnamic : asam caffeic, asam ferulat, asam coumaric.
  • Asam hidroksibenzoat : asam gallic, asam procatchuic.
  • Flavonoid : kaempferol, quercetin, myricetin.
  • Fenol lainnya yang berhubungan dengan Fitonuntrien : pterostilbene (melawan kanker), resveratrol.

Hampir semua fitonutrien yang disebutkan di atas, memiliki fungsi sebagai antioksidan dan sebagai senyawa anti-inflamasi / peradangan bagi tubuh. Juga berguna untuk banyak manfaat kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara teratur.

Kandungan gizi, Vitamin dan Mineral


Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan adalah karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan blueberry yang kaya akan serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Blueberry merupakan makanan dengan kandungan gizi terbaik bagi manusia.


Nilai Kandungan gizi per Blueberry100 g (3.5 oz)

  • Energi 239 kJ (57 kcal).
  • Karbohidrat 14,5 g.
  • Diet Serat 2,4 g.
  • Lemak 0,3 g.
  • Protein 0,7 g.


Vitamin dan Mineral

  • Vitamin A 54 IU.
  • Lutein dan zeaxanthin 80 mg.
  • Hiamine (Vit. B1) 0.04 mg
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,04 mg.
  • Niacin (Vit. B3) 0,42 mg.
  • Asam pantotenat (B5) 0,1 mg.
  • Vitamin B6 0,1 mg.
  • Folat (B9 Vit.) 6 mg.
  • Vitamin C 10 mg.
  • Vitamin E 0,6 mg.
  • Kalsium 6 mg.
  • Besi 0,3 mg.
  • Magnesium 6 mg.
  • Fosfor 12 mg.
  • Kalium 77 mg.
  • Seng 0,2 mg.
  • Mangan 0,3 mg.
  • Vitamin K 19 mcg.

Khasiat dan Manfaat Blueberry


Manfaat Blueberry untuk daya tahan tubuh


Menurut Highbush Blueberry Council AS, Blueberry memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan buah-buahan segar atau sayuran lainnya. Antioksidan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menetralisir radikal bebas akibat paparan asap, racun dan pestisida. Sebagian besar kekuatan antioksidan Blueberry berasal dari Anthocyanins (antosianin), pigmen yang bertanggung jawab untuk warna biru Blueberry. Antioksidan tinggi di dalam Blueberry mampu menjaga kualitas sistem kardiovaskular, sistem saraf, sistem pencernaan, menstabilkan gula darah dan mencegah kerusakan otot akibat aktivitas fisik yang berlebihan.

Manfaat Blueberry untuk kolesterol

Antioksidan yang terkandung dalam buah blueberry membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga mencegah darah tinggi dan jantung. Radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dapat netralisasi oleh kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah  blueberry.

Dalam Penelitian berkelanjutan, mengkonsumsi rutin blueberry antara 1-3 bulan bermanfaat menstabilkan tingkat lemak di dalam darah, termasuk penurunan kolesterol total, meningkatkan kolesterol baik / HDL dan menurunkan trigliserida. Pada saat yang sama, Blueberry  juga mampu untuk membantu melindungi komponen darah (seperti kolesterol LDL) dari kerusakan oksigen, yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Perlindungan juga ditujukan untuk sel yang melapisi dinding pembuluh darah serta mampu menstabilkan tekanan darah.

Manfaat Blueberry untuk Jantung


Manfaat Blueberry dapat membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung karena mengandung kadar tinggi senyawa anthocyanins yang dapat membantu memperluas arteri dan mencegah penumpukan plak yang umumnya menjadi penyebab sakit jantung.

Manfaat Blueberry untuk Kanker


Kandungan phytonutrient yang terdapat pada buah blueberry membantu mencegah dan mengobati kanker usus dan kanker rahim.

Blueberry juga mengandung senyawa fenol yang disebut pterostilbenes, yang tinggi kandungan antioksidan. Menurut National Institutes of Health. Selain memiliki sifat antioksidan, pterostilbenes memiliki sifat antiproliferatif, yang berarti mereka memiliki kemampuan untuk memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Pada Mei 2010 di dalam “Journal of Surgery gastrointestinal,” mengungkapkan studi yang dilakukan di University of Vermont melaporkan bahwa ketika kanker diuji terhadap pterostilbenes, pertumbuhan sel kanker tidak hanya melambat, namun sel-sel kanker benar-benar mati.

Manfaat Blueberry untuk Mata


Ekstrak Blueberry, mengandung senyawa yang disebut anthocyanins, yang mampu untuk memperlambat berkurangnya fungsi penglihatan.

Buah Blueberry merupakan obat alami yang tepat untuk mencegah dan mengobati infeksi dan penyakit yang berkaitan dengan fungsi retina dan membantu mengontrol penglihatan agar selalu tajam. Masalah ocular juga dapat ditangani dengan mengonsumsi buah blueberry secara regular.

Manfaat Blueberry Memecah Lemak Perut


Sebuah studi oleh University of Michigan Cardiovascular Center menunjukkan bahwa polifenol yang terkandung di dalam Blueberry dapat memecah lemak perut dan mengurangi faktor risiko sindrom metabolik.

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Tulang


Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Bone and Mineral Research pada tahun 2010 menunjukkan Blueberry memainkan peran penting dalam perkembangan tulang karena tingginya kandungan mangan di dalam Blueberry.

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Otak


Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine menunjukkan bahwa Manfaat Blueberry bagi kesehatan otak dapat mengurangi tingkat kehilangan memori karena faktor usia, karena kandungan antioksidan yang disebut flavonoid, yang mampu mengaktifkan bagian otak yang mengontrol daya ingat dan proses pembelajaran.

Minum satu cangkir jus blueberry secara rutin ternyata dapat mengurangi stres pada otak dan mencegah penyakit gangguan fungsi otak yakni alzheimer atau dementia. Selain itu kemampuan dalam belajar juga akan meningkat dengan konsumsi blueberry setiap hari secara rutin.

Blueberry Mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah blueberry memiliki banyak manfaat khususnya bagi pencernaan, yakni mencegah konstipasi. Selain itu kandungan vitamin, asam dan fruktosa membantu masalah gangguan pencernaan

Manfaat Blueberry untuk mencegah infeksi saluran kencing


Dalam blueberry juga terdapat agen antibiotik yang membantu mencegah infeksi pada saluran urin dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi pada urin.

Setelah mengetahui manfaat buah blueberry bagi kesehatan, berikut ini manfaat blueberry untuk kecantikan :

  • Blueberry berkhasiat mencegah penuaan dini

    Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi serta agen anti-penuaan yang terkandung pada blueberry membantu dari bahaya penuaan dini.

  • Manfaat buah blueberry untuk kulit


    Masker blueberry untuk facial dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan karena stres dan paparan sinar matahati. Selain itu pemakaian masker blueberry secara rutin juga membuat kulit menjadi lembut, kenyal dan terlihat menakjubkan.

  • Mencegah keriput


    Antioksidan pada blueberry membantu mencegah timbulnya kerutan pada wajah dan membuat awet muda.

  • Perawatan Jerawat


    Tips manfaat buah blueberry untuk kulit dengan minum jus blueberry secara rutin. Bagi wajah yang sudah berjerawat, blueberry juga dapat mengatasi permasalah tersebut dan membuat kulit menjadi bebas jerawat serta lebih lembut.
Demikian informasi mengenai berbagai Khasiat dan Manfaat Blueberry Bagi Kesehatan kita yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat
Load disqus comments

0 comments