Friday, February 12, 2016

Gejala tekanan darah tinggi

Gejala tekanan darah tinggi

Gejala tekanan darah tinggi. Tak kenal maka tak sayang, barang kali pepatah ini sangat cocok bagi setiap orang yang mempunyai masalah dan kebiasaan yang berbeda. Atas dasar pepatah itu ada baiknya kita sendiri lebih mengenal tentang tubuh kita sendiri agar asupan makanan serta kegiatan kita tidak bertentangan dengan kebutuhan alamiah tubuh kita sendiri.

Dalam kasus ini penulis akan mengangkat tema gejala darah tinggi yang mungkin pada sebagian orang hal ini adalah biasa aja. padahal kalau kalau dibiarkan malah akan menjadi bumerang bagi diri sendiri dan memicu timbulnya penyakit yang lebih berat.

Apabila tekanan darah tinggi terjadi, biasanya akan berlangsung seumur hidup. Jika tidak dikontrol, dapat menyebabkan penyakit jantung dan ginjal, stroke, dan kebutaan bahkan dampak terburuknya dapat menyebabkan kematian. Pada sebagian besar penderita darah tinggi (hipertensi) tidak menimbulkan gejala, meskipun secara tidak sengaja beberapa gejala terjadi secara bersamaan dan dipercaya mempunyai hubungan dengan tekanan darah tinggi (padahal sesungguhnya tidak). Gejala yang dimaksud adalah sakit kepala, perdarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan. Hal ini bisa saja terjadi pada penderita hipertensi, maupun pada seseorang dengan tekanan darah yang normal.

Gejala tekanan darah tinggi


Berikut Gejala Darah Tinggi :

  1. Sakit kepala
  2. Kelelahan
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Sesak napas
  6. Gelisah
  7. Pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal.


Apabila Anda mengalami gejala tekanan darah tinggi seperti apa yang disebutkan di atas, sebaiknya segera melakukan pengobatan darah tinggi sebelum terlambat. anda bisa menggunakan obat darah tinggi alami apabila tidak ingin mengambil resiko efek samping.


Makanan penderita darah tinggi atau hipertensi

Sebelum terlanjur divonis menderita hipertensi atau darah tinggi, ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan Anda dari penyakit tekanan darah. Inilah 5 jenis makanan penderita hipertensi atau darah tinggi yang bisa Anda konsumsi.


Cokelat

Coklat yang dianjurkan sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi merupakan coklat pekat (dark chocolate). Coklat pekat yang belum ditambah zat pemanis dan pewarna mengandung flavonoid tinggi. Flavonoid dipercaya mampu memproduksi nitrit oksida yang berperan menguatkan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga semua aliran darah ke semua organ menjadi lancar. Oleh karena kita akan terhindar dari ancaman resiko stroke atau kerusakan jantung.

Bayam

Bayam mempunyai kandungan magnesium yang tinggi. magnesium bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah. Kandungan lainnya dalam bayam adalah folat yang dapat melindungi tubuh dari paparan kimia yang sangat membahayakan kesehatan. Tetapi tak baik terlalu sering mengkonsumsi bayam karena dapat meningkatkan resiko asam urat.


Kuaci bunga matahari

Biji kuaci bunga matahari mengandung magnesium dan pitosterol yang terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, tidak semua kuaci biji bunga matahari dapat menormalkan tekanan darah tinggi. Pilihlah kuaci yang segar dan bebas garam.

Pisang

Kandungan kalium yang sangat tinggi dalam buah pisang dapat menstabilkan tekanan darah. Konsumsilah satu pisang sehari untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Kacang-kacangan

Kedelai, kacang tanah, almond, kacang merah, dan semua jenis kacang-kacangan mengandung magnesium dan potasium. Dua zat ini terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dari kelima jenis makanan ini Anda bebas memilih mana yang paling disukai. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan; jangan mengonsumsi salah satu makanan dari daftar tersebut secara berlebihan karena bisa berakibat buruk pada organ tertentu. Misalnya, Anda mengonsumsi pisang dalam jumlah yang tidak wajar setiap harinya. Mungkin tekanan darah tinggi bukan ancaman bahaya bagi Anda, tapi ginjal Anda harus siap menerima efek buruk dari tingginya potasium yaitu batu ginjal.

Untuk menstabilkan tekanan darah tinggi, kelima makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi secara bergantian sebagai menu sehari-hari saja. Jika Anda merasa konsumsi makanan tersebut tidak cukup,

Demikian gejala penyakit darah tinggi yang sepertinya mudah kita kenali, dan tentunya mengobati secara dini adalah lebih baik dan murah ketimbang menunggu lebih parah dan terjadinya komplikasi.

Baca juga :

  1. Cara mengatasi tekanan darah tinggi
  2. Obat alami tekanan darah tinggi
  3. Cara menurunkan kolesterol






Load disqus comments

0 comments