Buang air kecil bolak-balik, pertanda kencing Manis

PERTANDA KENCING MANIS


Penyebab dan obat kencing manis - Kencing manis atau yang biasa disebut diabetes merupakan sebuah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh. Banyak faktor dan penyebab kencing manis muncul menyerang kita diantaranya karena pola makan yang tidak sehat. Penyakit kencing manis akan sangat berbahaya jika diabaikan, karena penyakit kencing manis atau penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi penyakit.

Pengetahuan dan pengertian kencing manis sangat dibutuhkan agar kita terhindar dan mampu mengatasi penyakit kencing manis, sebaiknya ketahui penyebab kencing manis serta gejala yang di timbulkan.

Penyebab kencing manis

Penyakit kencing manis atau Diabetes Melitus merupakan akibat dari gangguan metabolisme tubuh dimana pankreas tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Diabetes Melitus juga bisa terjadi karena garis keturunan, bahkan para ahli kesehatan mengatakan bahwa keturunan dari penderita diabetes memiliki resiko yang cukup besar untuk mewarisinya. Oleh karena itu bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit diabetes perlu menjaga pola hidup yang sehat.

Obesitas
Kelebihan berat badan merupakan akar dari segala jenis penyakit berbahaya. Akibat timbunan lemak yang tinggi di dalam tubuh, maka memicu resistensi terhadap insulin. Selain itu, kelebihan lemak dalam tubuh juga akan memicu penyumbatan aliran darah serta berpengaruh terhadap fungsi hormon.

Ketidak seimbangan hormon
Hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab kencing manis atau penyakit diabetes. Hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan sel beta pankreas terganggu dan kerja insulin jadi terhambat. Ketidak seimbangan hormon juga memiliki kaitan erat dengan obesitas seperti yang telah di jelaskan di atas. Lemak memang sangat diperlukan bagi tubuh, akan tetapi jumlah lemak yang berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan. Semakin banyak tubuh menyimpan lemak,maka kerja hormo akan semakin terganggu dan meicu resistensi insulin.

Resistensi sel terhadap insulin
Ini merupakan penyebab diabetes yang terjadi akibat semua masalah di atas. Kadar gula darah dalam tubuh yang meningkat bisa disebabkan karena reaksi penolakan sel terhadap insulin. Akibatnya, glukosa tidak bisa digunakan oleh sel sebagai sumber energi maupun makanan cadangan. Jadi, kadar gula dalam tubuh akan meningkat drastis.

Kerusakan sel beta pankreas
Ini merupakan akar permasalahan yang terjadi pada penyakit diabetes. Sel beta pankreas adalah kelenjar yang berperan mensekresikan insulin. Insulin berperan penting dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Jika sel beta pankreas mengalami kerusakan, maka insulin tidak bisa bekerja dengan normal sehingga kadar gula darah tidak bisa diatur.

Ciri-ciri penyakit kencing manis

Berikut beberapa ciri ciri dan tanda awal orang yang terkena penyakit diabetes.

  • Mudah lelah, jika tubuh merasa kelelahan yang luar biasa padahal tidak melakukan aktifitas berat, sebaiknya waspadai keadaan ini.
  • Penurunan berat badan secara drastis tanpa diketahui penyebabnya.
  • Sering merasa kehausan tanpa alasan yang jelas.
  • Sering buang air kecil.
  • Warna kulit gelap terutama pada bagian leher.
  • Penglihatan melemah dan menjadi kabur.
  • Fungsi saraf akan menurun.
  • Jika tubuh mengalami luka maka sulit untuk sembuh/mengering
  • Sering merasa lapar.

Obat kencing manis

Ada beberapa cara untuk pengobatan kencing manis agar tidak semakin parah. Sebab penyakit diabetes/kencing manis sangat sulit untuk disembuhkan secara total. Namun kita dapat melakukan beberapa tindakan agar penyakit ini tidak menyebabkan komplikasi berbahaya bagi tubuh.
Ada beberapa obat tradisional diabetes dan kencing manis yang sudah banyak digunakan dan terbukti ampuh. 

Penyakit kencing manis atau yang dikenal dengan Diabetes Melitus merupakan akibat dari gangguan metabolisme tubuh dimana pankreas tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Diabetes Melitus juga bisa terjadi karena garis keturunan, bahkan para ahli kesehatan mengatakan bahwa keturunan dari penderita diabetes memiliki resiko yang cukup besar untuk mewarisinya. Oleh karena itu bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit diabetes perlu menjaga pola hidup yang sehat.


Tidak ada komentar

Posting Komentar