Monday, October 26, 2015

Cara menurunkan kolesterol secara alami

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami. Tumbuhan obat alami kolesterol secara empiris telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Memang belum dilakukan penelitian secara mendalam tentang khasiatnya dalam mencegah proses aterokskleosis, proses stabilasi plak yang sudah terbentuk sehingga tidak mudah rupture (pecah) atau kemungkinannya bisa mengurangi proses trombosis. Juga belum jelas cara kerja obat bahan alami ini, apakah dengan cara mengikat asam empedu di usus lalu membuangnya di tinja, mempengaruhi aktipitas enzim lipoprotein lipase, ataukah merupakan penghambat kompetitif enzim HMG-CoA reduktase.

Namun, cara kerja beberapa tumbuhan obat diantaranya sudah di teliti, misalnya temulawak yang mempunyai aktifitas kolagoga. Akan tetapi,yang jelas obat bahan alam ini bisa di peroleh dengan harga murah, bermanfaat, dan bebas efek samping karena merupakan makanan sehari-hari yang bisa di konsumsi setiap waktu.

Beberapa tanaman sayuran, buah-buahan, atau tanaman liar ternyata telah terbukti dapat mengobati dislipidemia. Bagian yang di gunakan dapat berupa akar, kulit batang, daun, umbi, buah, atau bunga. Tanaman yang di maksud dan cara meramunya di uraikan di bawah ini.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami


1. Alpukat


Bahan yang di butuhkan, Buah alpukat (Perseae Fructus) yang sudah masak sebanyak 1/2-1 1/2buah ukuran normal (+/- 150 g).

Cara Menurunkan Kolesterol dengan alpukat

Buah alpukat sebaiknya di makan mentah sebagai buah karena bila di masak, rasanya akan berubah menjadi pahit. Lakukan hal ini setiap hari. Jangan di tambahkan gula pasir karena karbohidrat sederhana ini dapat meningkatkan kadar trigliserida darah.

2. Jagung

Bahan yang di butuhkan, Buah jagung (Maidis Fructus) yang masih segar dan utuh sebanyak 2-3 buah.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan  jagung

Buah jagung beserta kulit,tongkol dan rambutnya di cuci hingga bersih. Masukan air bersih secukupnya sampai buah jagung terendam seluruhnya dan permukaan air sekitar 3 cm di atasnya,lalu api di matikan. Setelah dingin, air di saring dan di minum seperti teh. Adapun jagung bisa di makan.

Khasiat buah jagung yaitu melancarkan pengeluaran empedu dan menetralisir hati sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol darah, meringankan infeksi dan batu di kandung empedu, serta meringankan penyakit hati(hepatitits).Vitamin K membantu menghentikan perdarahan seperti mimisan dan batuk darah.

3.Temulawak

Bahan yang dibutuhkan, Rimpang temulawak (curcumae Rhizoma)segar sebesar 3 jari.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan temulawak.

Rimpang temulawak di kupas kulitnya, lalu di parut. Tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya di buang dan airnya di minum. Lakukan hal ini setiap hari.

Kadar kolesterol akan meningkat bila mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol atau lemak jenuh,baik dari sumber nabati, ataupun hewani. Peningkatan kolesterol juga terjadi akibat menurunnya pengeluaran kolesterol ke usus melalui asam empedu atau produksi kolesterol di hati meningkat yang berhubugan erat dengan faktor genetik. Kadar kolesterol cenderung meningkat pada orang gemuk, kurang olahraga,stres dan perokok berat.

Baca juga:

  1. Makanan penurun kolesterol
  2. Obat Kolesterol Tradisional
  3. Inilah jenis makanan berkolesterol tinggi


Load disqus comments

0 comments