Saturday, May 4, 2013

Gejala Penyakit Alzheimer dan Pengobatannya

Gejala Penyakit Alzheimer dan Pengobatannya

Gejala Penyakit Alzheimer dan Pengobatannya - Nama penyakit Alzheimer berasal dari nama Dr. Alois Alzeimer. dokter berkebangsaan jerman yang pertama kali menemukan penyakit ini pada tahun 1906. Dr. Alzheimer memperhatikan adanya perubahan jaringan otak pada wanita yang meninggal akibat ganguan mental yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Demensia (Alzheimer) adalah gangguan otak yang serius mempengaruhi memori seseorang, berfikir, dan keterampilan penalaran. Orang dengan Demensia seringkali mengalami kesulitan berfikir dan berbicara dengan jelas, mengingat kejadian akhi-akhir, dan belajar hal-hal baru. Ada banyak penyebab Demensia, tetapi penyakit Alzeimer adalah penyebab paling umum dari demensia pada orang tua.

Gejala Penyakit Alzheimer

Gejala-gejala Demensia Alzheimer sendiri meliputi gejala yang ringan sampai berat

  1. Gangguan memori yang memengaruhi keterampilan pekerjaan, seperti: lupa meletakkan kunci mobil, mengambil baki uang, lupa nomor telepon atau kardus obat yang biasa dimakan, lupa mencampurkan gula dalam minuman, garam dalam masakan atau cara-cara mengaduk air.
  2. Kesulitan bicara dan berbahasa
  3. Kesulitan melakukan tugas yang biasa dilakukan, seperti: tidak mampu melakukan perkara asas seperti menguruskan diri sendiri
  4. Kesulitan mengambil keputusan yang tepat
  5. Disorientasi waktu, tempat dan orang, seperti: keliru dengan keadaan sekitar rumah, tidak tahu membeli barang ke kedai, tidak mengenali rekan-rekan atau anggota keluarga terdekat.
  6. Kesulitan berfikir abstraks, seperti: orang yang sakit juga mendengar suara atau bisikan halus dan melihat bayangan menakutkan.
  7. Salah meletakan barang
  8. Hilangnya minat dan inisiatif
  9. Perubahan mood dan perilaku, seperti: menjadi agresif, cepat marah dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau hobi yang pernah diminatinya.
  10. Perubahan kepribadian, seperti: seperti menjerit, terpekik dan mengikut perawat ke mana saja walaupun ke WC.

Pengobatan Penyakit Alzheimer

Cara penanganan alzheimer yang ada saat ini bertujuan hanya untuk meredakan timbulnya, dan memperlambat perkembangan penyakit alzheimer, serta menjadikan penderita dapat hidup semandiri mungkin.

Jenis obat-obatan resep dokter untuk penderita alzheimer, biasanya obat yang dapat meredakan timbulnya demensia dengan cara meningkatkan kadar dan aktivitas kimia di dalam otak. Beberapa obat yang direkomendasikan dokter biasanya mengandung efek samping. Sebagai solusi mungkin pengobatan alzheimer secara alami yang tanpa efek samping bisa di coba.

Selain melalui obat-obatan, pengobatan psikologis juga dapat dilakukan dengan
  • Stimulasi kognitif.
    Metode ini bertujuan meningkatkan daya ingat, kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan dalam memecahkan masalah.

  • Terapi relaksasi dan terapi perilaku kognitif.
    Metode ini bertujuan mengurangi halusinasi, delusi, agitasi, kecemasan, depresi yang dialami oleh penderita Alzheimer.
Penurunan kognitif pada penderita penyakit Alzheimer tidak hanya dapat diperlambat dengan obat-obatan atau pun terapi psikologis, namun juga sebaiknya dikombinasikan dengan penerapan pola hidup sehat di rumah agar hasilnya lebih maksimal. Seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak, serta kaya serat dan omega-3, lebih sering bersosialisasi, melakukan kegiatan yang dapat menstimulasi pikiran seperti mengisi teka-teki silang atau membaca buku.

Sumber: Gejala Penyakit Alzheimer dan Pengobatannya


Baca juga

  1. Deteksi dini bisa tunda Alzheimer 
  2. Obat Herbal Penyakit Alzheimer murah

Load disqus comments

0 comments