Cara Mencegah Kurang Darah (Anemia)


Cara Mencegah Kurang Darah (Anemia)

Cara Mencegah Kurang Darah (Anemia). Penyakit kurang darah atau sering disebut anemia sering dijumpai disekitar kita. Penyakit yang sering terjadi di masyarakat sering berhubungan dengan faktor perilaku, lingkungan atau keturunan, namun beberapa lainnya juga merupakan interaksi antara faktor-faktor diatas. Interaksi antara lingkungan kesehatan dan perilaku kesehatan yang tidak mendukung akan meningkatkan resiko masyarakat untuk menderita sakit.

Anemia atau Kurang Darah merupakan suatu kondisi dimana kadar sel darah merah (Hemoglobin) dalam darah mengalami penurunan. Normalnya sel darah merah pada wanita sekitar 12mg/dl dan pada laki-laki 14mg/dl.berkurangnya sel darah merah sangat membahayakan tubuh karena sel darah merah berfungsi sebagai sarana transformasi zat gizi dan oksigen yang diperlukan jaringan tubuh. darah rendah adalah kebalikan dari Darah Tinggi.

Baca : Penyakit Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Penurunan sel darah merah bisa terjadi akibat berbagai keadaan misalnya saja pendarahan, gangguan pembentukan sel darah merah, berkurangnya asupan gizi terutama zat besi, dan lain-lain.

Tanda atau gejala Anemia

Penderita anemia kurang zat besi akan merasakan gejala awal keluhan badan lemah, lelah, kurang energi, kurang nafsu makan, daya konsentrasi menurun, sakit kepala, pandangan sering berkunang-kunang, terutama dari keadaan duduk kemudian berdiri,. Tanda atau gejala anemia lainnya dari anemia adalah kelopak mata, wajah, ujung jari dan bibir biasanya tampak pucat.

Cara Mencegah Anemia

Sebenarnya pencegahan yang terbaik adalah sebelum terjangkit anemia, seperti banyak orang bilang mencegah lebih baik dari pada mengobati. Adapun cara pencegahan anemia adalah dengan menjaga agar dalam tubuh tersedia cukup zat besi untuk pembentukan sel darah merah.

Sebagaimana kita ketahui zat besi banyak terkandung dalam makanan baik daging, sayuran, dan buah-buahan. Lauk-pauk seperti hati, daging, telur, ikan, kentang, beras merah, kacang-kacangan, apel, jambu, pepaya,dan lain-lain. Keseimbangan asupan gizi sangat diperlukan untuk menjaga tubuh agar tidak sampai terkena anemia.

Adapun beberapa cara untuk mencegah anemia adalah dengan cara:
  1. Makan makanan yang bergizi, penuhi kecukupan gizi tubuh dengan empat sehat lima sempurna. Perlu diingat makanan  bergizi tidak hanya  makanan yang mahal, kita bisa mendapatkan bahan makanan yang bergizi dengan harga yang cukup terjangkau. Misal saja dengan menanami lahan pekarangan dengan berbagai sayuran atau buah.
  2. Periksakan kehamilan secara teratur, wanita hamil sangat rentan terkena anemia. Hal ini disebabkan kebutuhan energi dan tenaga meningkat di masa kehamilan, maka disarankan wanita hamil tiap hari mengkonsumsi pil tambah darah agar saat persalinan badan tidak lemah karena kekurangan darah
  3. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat
Saat ini hidup yang sehat mahal harganya, saat kita sakit harta benda bisa habis terpakai untuk berobat oleh sebab  itu lebih baik kita  menjaga tubuh agar selalu sehat. Olah raga secara teratur dan mengambil Manfaat Buah dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan kita.
QuickEdit
dunia orange
0 Comments
Share This Post :

You Might Also Like

No comments:

Post a Comment

[name=Katakata Kiki] [img=https://lh3.googleusercontent.com/-BwApT_tMNwk/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/BXBKy37ddXw/photo.jpg?sz=80] [description=The team after that incident and the two drivers were warned that they risked their future at the team if they damaged each other's cars out on track. For me to win here at a race where I loved watching Ayrton drive] (facebook=https://www.facebook.com/) (twitter=https://www.twitter.com/) (instagram=https://www.instagram.com/) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)